Sunday, February 12, 2012

100 Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

     Sejak kecil saya tidak terlalu menyenangi matematika. Matematika bagiku adalah sebuah mata pelajaran yang amat rumit yang berhubungan dengan angka-angka. Apalagi kalau menyelesaikan soal-soal yang rumit, sudah coret-coret kesana-kemari belum juga ketemu jawabannya. Apalagi kalau menyelesaikan soal integral atau turunan, sudah panjang-panjang untuk menyelesaikan soal ternyata hasilnya nol. Meskipun begitu ada sisi yang menyenangkan yaitu ketika kita menemukan sebuah jawaban melalui proses yang panjang, rasanya seperti terbebas dari semua beban. Kalau tidak karena semangatku yang keras untuk berusaha memahami matematika, nilai raportku sudah merah dari dulu. Pasalnya nilai ulangan harianku tidak terlalu baik.
     Akibat dari usahaku yang keras, aku mulai memaksakan diri untuk menyukai matematika. Sampai pada akhirnya, tanpa aku rencanakan sebelumnya aku kuliah mengambil jurusan pendidikan matematika. Aku terpaksa mengambil jurusan pendidikan matematika karena tidak ada jurusan biologi, jujur saja sejak aku SMA aku menyukai pelajaran BIOLOGI. Mungkin aku masuk ke jurusan pendidikan matematika sudah takdir kali ya....
    Seiring berjalannya waktu, aku berusaha untuk mempelajari matematika secara serius. Aku mulai dari mempelajari sejarah matematikawan besar seperti archimedes, thales, phytagoras, Gauss, isaac newton dan lain-lain. Dari sejarah-sejarah matematikan tersebut aku sangat kagum dengan kejeniusan mereka, sangat menarik yang membuat aku bersemangat untuk belajar matematika. Aku tertarik pada seorang matematikawan muslim yaitu ibnu AL-khawarizmy dan seorang matematikawan yang sangat memberi inspirasi bagiku yaitu archimedes dan gauss. Itulah kenapa postingan pertamaku mengenai biografi tentang archimedes.
     berikut saya daftarkan nama-nama matematikan terbesar sepanjang masa:
1.    Isaac Newton
2.    Carl F. Gauss
3.    Leonhard Euler
4.    Archimedes
5.    Bernhard Riemann
6.    Euclid
7.    Henri Poincaré
8.    Joseph-Louis Lagrange
9.    David Hilbert
10.    Gottfried Leibniz W.
11.    Alexander Grothendieck
12.    Pierre de Fermat
13.    Niels Abel
14.    Évariste Galois
15.    John von Neumann
16.    Karl Weierstrass WT
17.    Rene Descartes
18.    Augustin Cauchy
19.    Carl GJ Jacobi
20.    Srinivasa Ramanujan
21.    Brahmagupta
22.    Peter Dirichlet GL
23.    Hermann K. H. Weyl
24.    Eudoxus of Cnidus
25.    Georg Cantor
26.    Muhammed al-Khowârizmi
27.    Arthur Cayley
28.    Emma Noether
29.    Pythagoras of Samos
30.    Leonardo `Fibonacci'
31.    Kurt Gödel
32.    Apollonius of Perga
33.    Aryabhatta
34.    Blaise Pascal
35.    Pierre-Simon Laplace
36.    William R. Hamilton
37.    Charles Hermite
38.    Richard Dedekind
39.    Diophantus of Alexandria
40.    Felix Christian Klein
41.    Bháscara Áchárya
42.    George Boole
43.    François Viète
44.    Stefan Banach
45.    Ferdinand Eisenstein
46.    Jean le Rond d'Alembert
47.    Gaspard Monge
48.    Jacques Hadamard
49.    Johannes Kepler
50.    Joseph Fourier
51.    Élie Cartan
52.    Liu Hui
53.    Jacob Bernoulli
54.    Jean-Victor Poncelet
55.    Archytas of Tarentum
56.    André Weil
57.    Andrey N. Kolmogorov
58.    Hipparchus of Nicaea
59.    Christiaan Huygens
60.    Godfrey H. Hardy
61.    Alhazen ibn al-Haytham
62.    Julius Plücker
63.    F.E.J. Émile Borel
64.    Siméon-Denis Poisson
65.    John Wallis
66.    L.E.J. Brouwer
67.    Michael F. Atiyah
68.    Pappus of Alexandria
69.    Girolamo Cardano
70.    M. E. Camille Jordan
71.    Henri Léon Lebesgue
72.    John E. Littlewood
73.    Carl Ludwig Siegel
74.    Joseph Liouville
75.    Jakob Steiner
76.    Hermann G. Grassmann
77.    Jean-Pierre Serre
78.    Adrien M. Legendre
79.    James J. Sylvester
80.    Pafnuti Chebyshev
81.    Giuseppe Peano
82.    Johann Bernoulli
83.    Atle Selberg
84.    Omar al-Khayyám
85.    Shiing-Shen Chern
86.    Francesco B. Cavalieri
87.    Hermann Minkowski
88.    Hippocrates of Chios
89.    Johann H. Lambert
90.    Thabit ibn Qurra
91.    Marius Sophus Lie
92.    Panini (of Shalatula)
93.    Alan M. Turing
94.    Thales of Miletus
95.    Paul Erdös
96.    Ernst E. Kummer
97.    Nicolai Lobachevsky
98.    Daniel Bernoulli
99.    Alexis C. Clairaut
100.    Jean Gaston Darboux


No comments: