Sunday, December 16, 2012

Model Permainan Melempar Bola Salju (Snowball Throwing)



Model pembelajaran permainan melempar bola salju merupakan salah satu pembelajaran aktif yang melatih siswa untuk tanggap dalam menerima bahan ajar baik dari guru maupun dari rekan-rekannya. Pada model pembelajaran permainan bola salju, siswa di bentuk ke dalam sebuah kelompok dimana masing-masing kelompok memiliki ketua kelompok. Guru memanggil  tiap-tiap ketua kelompok untuk diberikan penjelasan mengenai bahan ajar yang akan dipelajari. Setelah itu, ketua kelompok menjelaskan bahan ajar tersebut kepada teman-teman satu kelompok.

Model permainan bola salju juga melatih siswa untuk memiliki rasa tanggungjawab karena pada akhirnya siswa diharuskan untuk membuat satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Pertanyaan tersebut dijawab oleh temannya dan siswa yang membuat pertanyaan harus melengkapi jawaban temannya yang menjawab pertanyaan yang dibuatnya.

Selain melibatkan siswa secara aktif baik dari segi kognitif dan emosional siswa, dalam model ini juga secara aktif melibatkan siswa dari segi fisik yaitu kegiatan “melempar bola salju”. Pertanyaan yang buat siswa ditulis pada kertas selembar yang kemudian dibentuk seperti “bola salju”. Bola salju yang berisi pertanyaan tersebut dilemparkan kepada temannya. Teman yang menerima bola tersebut harus menjawab pertanyaan yang ada di dalamnya dan pembuat pertanyaan melengkapi jawaban temannya tersebut. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik akan mendapat penghargaan berupa nilai.

Dengan demikian, model permainan bola salju adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, baik segi fisik, mental dan emosionalnya yang diramu dengan kegiatan melempar pertanyaan seperti “melempar bola salju”. Model pembelajaran ini dapar memupuk siswa untuk belajar menjelaskan materi, membuat pertanyaan, dan menyempurnakan jawaban yang diberikan temannya.

Menurut Suprijono (2012 : 128), langkah-langkah Model pembelajaran permainan melempar bola salju adalah sebagai beikut:

1.      guru menyampaikan materi yang akan disajikan;

2.    guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.

3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya;

4.   Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok;

5.   Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama  kurang lebih 15 menit.

6.  Setelah siswa dapat satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian;

7.      Evaluasi

8.      Penutup
Untuk mengefektifkan waktu, lama pelemparan bola salju dapat ditentukan oleh guru sesuai kondisi 
dan keadaan yang terjadi.

Daftar Pustaka

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


No comments: